Berbagai Manfaat Pengobatan Herbal

Pengobatan herbal adalah pengobatan alternatif dengan menggunakan tanaman atau ekstrak tanaman yang berbeda. Selain untuk mencegah dan mengobati penyakit, obat herbal atau obat tradisional juga banyak digunakan untuk daya tahan tubuh.


Pengobatan herbal terus berkembang mengikuti perkembangan zaman.
Hal ini karena herbal memiliki berbagai kelebihan dan manfaat lebih dibanding obat kimia.

Manfaat pengobatan herbal antara lain sebagai berikut, yaitu :

  1. Efek samping relatif lebih kecil, bahkan banyak obat herbal tidak memiliki efek samping bila digunakan secara tepat.
  2. Harga relatif lebih murah. Beberapa tanaman obat dapat ditanam sendiri atau mudah ditemukan di kebun.
  3. Berdasarkan pengalaman empiris, obat herbal dapat digunakan tanpa bantuan medis. Atau medis diperlukan hanya untuk diagnosis dengan sarana laboratoriumnya.
  4. Merupakan gabungan seluruh bahan aktif yang terdapat pada satu atau beberapa tanaman obat.
  5. Bersifat stimulan
  6. Memperbaiki keseluruhan sistem tubuh
  7. Dalam beberapa kasus dapat diberikan dengan kombinasi obat kimia dan obat medis lainnya. Fungsi obat herbal dititikberatkan untuk meningkatkan efektivitas pengobatan sekaligus mengurangi efek samping yang ditimbulkan obat. kimia.
Bila dibanding dengan obat kimia, reaksi obat herbal lebih lambat karena obat herbal bekerja langsung pada sumbernya dengan memperbaiki keseluruhan sistem tubuh yakni dengan memperbaiki sel-sel jaringan dan organ-organ tubuh yang rusak serta dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk memerangi penyakit.



Misal herbal meniran (Phyllanthus urinaria) memiliki efek antibiotik. Herbal ini tidak langsung membunuh kuman, namun mengaktifkan kelenjar di dalm tubuh yan menghasilkan sel-T yang merupakan pembunuh alami kuman. Jadi meniran tidak bekerja langsung menghentikan serangan kuman tetapi dengan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kuman. Oleh sebab itulah dibutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk merasakan efek obat herbal dibanding jika kita menggunakan obat kimia. Hal ini diimbangi dengan keunggulan obat herbal atau obat tradisional yaitu efek jangka panjangnya yang baik untuk kesehatan tubuh kita.


berbagai simplisia atau obat herbal yang mudah ditemukan dipasaran


Pesan Anda