Bunga Rosella

Bunga rosella memiliki kandungan nutrisinya yang baik untuk kesehatan, di antaranya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, kalsium, kalium, fosfor, natrium, beta karoten, omega 3, antosianin, dan gosipetin.


Bunga rosella juga kaya protein dan 18 jenis asam amino yang sangat berkhasiat. Olahan teh bunga rosella atau dikenal juga dengan sour tea memiliki rasa yang asam, biasanya dibuat dari campuran daun, kelopak, dan pucuk bunga rosella.

Cara membuat teh rosella :

  1. Petik bunga Rosella yang sudah mekar
  2. Cuci bunga Rosella dengan air hingga bersih.
  3. Rebus Rosella dengan air mendidih hingga berwarna kemerahan.
  4. Setelah berwarna kemerahan, angkat dan tuangkan dalam gelas.
  5. Tambahkan madu atau gula sesuai selera Anda untuk mengurangi rasa asam.
  6. Teh bunga Rosella siap untuk menyegarkan tenggorokan dan tubuh Anda.
  7. Teh Rosella juga dapat dinikmati saat dingin, masukan dalam kulkas dan minum teh tersebut saat masih dingin.

Khasiat bunga rosela antara lain untuk menurunkan asam urat, hipertensi, diabetes mellitus, memperbaiki metabolisme tubuh, melangsingkan Tubuh, menghambat sel kanker, mencegah sariawan dan panas dalam, menambah vitalitas, meredakan batuk, mencegah flu, antioksidan, antihipertensi, antikanker, antidepresi, antibiotik, aprodisiak, diuretik (peluruh kencing), sedatif, tonik, dan menurunkan absorpsi alkohol. 

Pemanfaatan kelopak bunga Rosela sudah dikenal dan diteliti baik oleh pakar kesehatan modern maupun pakar kesehatan tradisional di berbagai negara di dunia. Kelopak bunga tersebut diketahui mengandung zat-zat penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin C, vitamin A, protein esensial, kalsium, dan 18 jenis asam amino, termasuk arginina dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.

Secara tradisional, ekstrak kelopak rosela berkhasiat sebagai antibiotik, aprodisiak (meningkatkan gairah seksual), diuretik (melancarkan buang air kecil), pelarut, sedativ (penenang), dan tonik.



Bagi anak-anak, mempercepat pertumbuhan otak karena mengandung omega-3 memacu pertumbuhan DNA.Melindungi dari infeksi kuman, anti bakteri, anti virus dan mengobati keracunan. 

Rosella mengandung goosypetin, anthocyanin yang bersifat sebagai antioksidan dan glucoside hibiscin yang bermanfaat sebagai peluruh kencing (diuretic), penurun kekentalan darah, pengurang tekanan darah dan perangsang peristaltik usus. Arginin dan lignin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.

No comments:

Post a comment

Pesan Anda