Wedang Uwuh "Minuman Sampah"

Wedang uwuh adalah minuman dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Wedang uwuh terbuat dari bahan alami seperti jahe, kayu secang, cengkeh, kayu manis dan lain sebagainya, disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang.



Dibalik itu semua minuman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh serta banyak terdapat kandungan gizinya. Kandungan yang terdapat dari ramuan ini yang meliputi kandungan zat besi, protein, karbohidrat dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut dipercaya memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh.

Manfaat dan khasiat wedang uwuh untuk kesehatan, sebagai berikut :
1. Menurunkan kadar kolesterol
2. Mengatasi masalah perut
3. Menghilangkan capek
4. Kaya akan antioksidan
5. Meredakan nyeri
6. Menyegarkan badan
7. Meningkatkan kekebalan tubuh
8. Melancarkan aliran darah
9. Menyembuhkan dan mencegah masuk angin
10. Menghangatkan badan

Pada awalnya wedang uwuh, yang merupakan minuman khas dari Yogyakarta, berbentuk bahan utuh berupa rempah-rempah asli, tetapi seiring perkembangan zaman dan kebutuhan akan kepraktisan, saat ini wedang uwuh sudah dikembangkan menjadi dalam bentuk instan, maupun bentuk celup.

Silahkan mencoba dan rasakan hangatnya.

No comments:

Post a comment

Pesan Anda