Herbal Untuk Kesehatan Jantung

Bawang Putih
Tak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, bawang putih juga dipercaya sejak zaman dahulu sebagai obat herbal yang mujarab. Sebuah penelitian di Iran yang dimuat dalam International Journal of Preventive Medicine menunjukkan hasil positif tentang efek bawang putih terhadap kolesterol.

Penelitian tersebut memperlihatkan bahwa konsumsi bawang putih dan perasan lemon dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), fibrinogen, dan tekanan darah pada penderita dislipidemia (kolesterol tinggi). Bawang putih mengandung senyawa phytochemical yang dapat berfungsi sebagai anti inflamasi (peradangan). Senyawa ini dapat mencegah terjadinya reaksi oksidatif di pembuluh darah dan menghambat peningkatan kadar LDL.


Beberapa penelitian lain telah menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih segar dalam jumlah besar dapat menurunkan tekanan darah, menghambat agregasi trombosit, meningkatkan aktivitas fibrinolitik, mengurangi kadar serum dan kadar trigliserida serta melindungi sifat elastis dari aorta. Untuk merasakan manfaat bawang putih, kamu bisa makan 1 hingga 2 siung bawang putih setiap harinya. Konsumsi secara mentah, tanpa mencampurkannya dengan bahan makanan lainnya.

Kunyit
Selain untuk penyakit maagh, kunyit memiliki banyak manfaat. Manfaat utama kurkumin di dalam kunyit adalah meningkatkan fungsi endotelium yang merupakan lapisan pembuluh darah Anda. Endotelium merupakan penyebab utama penyakit jantung karena ketidakmampuannya untuk mengatur tekanan darah, pembekuan darah, dan berbagai faktor lainnya. Kurkumin dapat meningkatkan kesehatan jantung dan kunyit membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah pembekuan darah untuk mencegah serangan jantung.


Curcumin pada kunyit bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan kunyit membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah pembekuan darah untuk mencegah serangan jantung. Kamu bisa mencampurkan kunyit ke dalam beberapa olahan makanan lainnya, seperti ke dalam susu.

Kayu Manis
Kulit kayu manis memiliki sejumlah manfaat di antaranya mengontrol gula darah karena mengandung antioksidan, anti infeksi, meningkatkan fungsi otak, mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol, mencegah pertumbuhan sel kanker, menghangatkan tubuh, dan mencegah penggumpalan darah.


Kayu manis juga disinyalir dapat membantu melindungi penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kayu manis memiliki senyawa antiinflamasi yang berlimpah. Senyawa inilah yang mampu menyeimbangkan tekanan darah dan kolsterol. Selain itu juga menawarkan perlindungan lewat antioksidan yang dimilikinya.

Jahe
Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Bahan aktif pada jahe seperti gingerol, merupakan senyawa yang membantu merelaksasi pembuluh darah dan merangsang aliran darah ke jantung. Untuk merasakan manfaat jahe, kamu bisa mengkombinasikan jahe dengan lemon. Konsumsi secara rutin 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Rosemary
Rosemary juga telah terbukti efektif digunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan rosemary memiliki senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang mampu melindungi jantung. Senyawa ini terbukti mampu mengurangi stres dan mengatur kadar kolesterol.

Teh Hijau
Studi klinik menunjukkan bahwa teh hijau memiliki sifat antioksidan yang dapat mencegah aterosklerosis dan mengatasi peradangan arteri. Pada penelitian di Cina juga menunjukkan bahwa teh hijau dapat mengurangi kadar LDL atau kolesterol buruk.

Manfaat teh hijau untuk menjaga kesehatan jantung didapatkan dari adanya katekin yang merupakan polifenol aktif dalam teh hijau. Kandungan ini memiliki potensi untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Daun Zaitun
Daun zaitun memiliki kemampuan unik untuk mendukung fungsi kekebalan tubuh, juga melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini dikarenakan adanya senyawa antioksidan pada daun zaitun yang mampu menjaga kesehatan jantung.

No comments:

Post a comment

Pesan Anda