Kayu Manis (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum)


Cinnamomum verum'(True cinnamon, Sri Lanka cinnamon atau Ceylon cinnamon).
C. burmannii (korintje, kasiavera, atau Indonesian cinnamon).
C. loureiroi (Saigon cinnamon atau Vietnamese cinnamon).
C. aromaticum (Cassia atau Chinese cinnamon).



Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis makanan karena memiliki aroma dan rasa yang enak.

Kayu manis diduga dapat mengobati diabetes. Beberapa penelitian mengaitkan antara turunnya kadar gula dengan mengonsumsi kayu manis. Salah satunya menemukan bahwa kayu manis mungkin dapat menurunkan kadar gula darah hingga 24 persen dan kadar kolesterol hingga 18 persen. Penelitian lain mengungkapkan kayu manis yang dikonsumsi tiap hari selama 12 minggu berturut-turut kemungkinan dapat menyeimbangkan tingkat tekanan darah pada pasien diabetes. Namun sayangnya, penelitian-penelitian lain tidak mendukung hasil-hasil tersebut. Selain pada diabetes, rempah ini juga diduga bisa mengatasi kembung, diare, dan flu.

Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes.


Asraza Indoherbal Jaya menyediakan kayumanis berkualitas dengan harga terbaik.

Pesan Anda