Manfaat Kulit Manggis

Meskipun rasanya terbilang pahit, jus kulit manggis dipercaya memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Bahkan, meminum obat herbal dari ekstrak kulit buah manggis terbukti mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti kanker, kolesterol, dan tekanan darah tinggi.

Olahan obat dari kulit manggis mempunyai keunggulan tersendiri dalam bidang kecantikan. Adanya senyawa xanthone berkhasiat mencegah penumpukan lemak tubuh sehingga Anda terhindar dari kelebihan berat badan, sedangkan zat anti-oksidan berlimpah pada ekstrak kulit manggis berguna untuk mengatasi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan bintik-bintik hitam di wajah.



Cara mengolah kulit manggis menjadi obat herbal




Kulit manggis kering dan basah siap untuk diolah

Untuk mengolah kulit manggis menjadi jus, teh maupun minuman kesehatan lain, caranya mudah saja. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan peralatan sederhana tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Sebenarnya jika tidak mempunyai banyak waktu, Anda bisa membeli produk ekstrak kulit manggis yang banyak dijual di toko kesehatan maupun toko online. Seperti halnya olahan herbal sejenis (misal : ekstrak daun sirsak) kandungan zat-zat berguna di dalamnya sama saja, yang terpenting baca aturan pemakaian secara seksama.

Manfaat kesehatan yang diperoleh jika meminum olahan kulit manggis :

  1. Memperkuat sistem immune sehingga tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit ringan seperti flu, batuk maupun demam.
  2. Karena kekebalan tubuh sudah meningkat, proses penyembuhan luka akan berjalan lebih cepat dari sebelumnya.
  3. Seperti halnya daging buah manggis, sari kulitnya juga berguna untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) serta mengontrol tekanan darah.
  4. Jika laju darah sudah terkontrol maka pembuluh darah bertambah kuat dan kesehatan jantung bisa terjaga dengan baik.
  5. Sedangkan bagi sistem pencernaan, meminum jus kulit manggis secara teratur berkhasiat mengatasi diare dan mencegah peradangan usus.
  6. 6. Bagi anda yang menderita sakit maag, manfaat kulit buah manggis adalah menyembuhkan sakit yang anda derita jika rajin meminumnya.
  7. Untuk anda yang mementingkan penampilan, kandungan zat anti-oksidan di dalamnya berperan penting dalam melawan radikal bebas sehingga anda tetap terlihat awet muda.
  8. Bagi seorang wanita, minum sari kulit manggis saat siklus haid bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit sebelum menstruasi (PMS).
  9. Mencegah terjadinya penumpukan lemak berkat manfaat zat xanthone dalam buah manggis sehingga membantu menurunkan berat badan.
  10. Beberapa penyakit ganas yang bisa dijauhkan dan disembuhkan dengan meminum olahan herbal obat kulit manggis adalah kanker, diabetes, TBC, HIV AIDS, asam urat maupun asma (disesuaikan dengan komposisi masing-masing olahan).


Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Minuman Sehat

1. Merebus kulitnya kemudian minum airnya

Untuk anda yang tidak suka memakai mesin blender, ada cara mudah untuk mengolah kulit buah berwarna merah tua ini menjadi obat herbal. Yaitu dengan merebus lalu meminum air rebusan kulit manggis tersebut secara langsung.

Penambahan bahan-bahan pemanis seperti gula maupun madu juga diperbolehkan dan tidak mengurangi khasiat yang terkandung di dalamnya. 


Perbandingan pemanis dengan air rebusan kulit manggis disesuaikan selera masing-masing. Metode ini terbilang sangat sederhana karena tidak membutuhkan peralatan modern.


2. Membuat teh berbahan kulit manggis kering

Di beberapa daerah penghasil buah manggis, pemanfaatan kulit buah ini sudah dilakukan sejak dahulu. Mereka memahami betul jika buah berwarna ungu ini hanya ada pada musim tertentu saja. Oleh karena itu, mereka mencari cara agar minuman herbal kulit manggis tetap ada meskipun bukan musimnya.

Kemudian ditemukanlah metode pengolahan sederhana dengan cara mengeringkan kulit manggis di bawah sinar matahari, dimana sebelumnya kulit buah dipotong-potong dalam ukuran kecil. Penyimpanan kulit kering ini harus di tempat bersih dan tidak lembab untuk menghindari tumbuhnya jamur yang bisa membahayakan kesehatan.


Cara penyajiannya : seduh kulit manggis kering menggunakan air panas lalu minum selagi hangat seperti anda menikmati secangkir teh.

Pesan Anda