Minuman Sehat di Musim Hujan

Di Indonesia, ragam minuman berbahan herbal yang disebut wedang bisa kita temui seperti wedang jahe, wedang serai/ sereh, wedang asem, kunyit asem, dan masih banyak lagi.

Kebanyakan minuman herbal bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan cocok diminum di kala musim hujan. Misalnya jahe hangat, bandrek, dan sebagainya. Tapi beberapa minuman ini bukan hanya bisa membuat nyaman tenggorokan melainkan juga baik untuk kesehatan jantung.

Seperti disampaikan Kardiolog dan Director of Women and Heart Disease of Lenox Hill Hospital di New York City, Dr. Suzanne Steinbaum bahwa sejumlah minuman dapat menyehatkan jantung karena dibuat tanpa alkohol dan baik bagi orang dengan fibrilasi atrium atau denyut jantung tidak stabil.

Meski demikian, Suzanne megungkapkan secangkir minuman hangat dan sehat akan percuma bila mengandung gula berlebihan. Sehingga penting untuk mengetahui kandungan kalori dalam minuman tersebut.

Penasaran? berikut ulasannya, seperti dikutip Everydayhealth, Senin (5/1/2015):

1. Cokelat Panas
Steinbaum mengatakan, mengonsumsi secangkir cokelat hitam baik meningkatkan kesehatan. "Dark chocolate tinggi akan bioflavonoid yang membantu menurunkan tekanan darah," katanya.

2. Sari apel dan rempah
Minuman penghangat lain, kata Steinbaum, adalah sari apel yang diberikan rempah seperti cengkeh dan beberapa batang kayu manis.

"Apel memiliki antioksidan yang baik untuk jantung dan juga kaya akan vitamin C serta sumber potasium yang baik. Selain itu, kayu manis juga baik untuk kesehatan jantung, dan telah dikenal untuk menurunkan tekanan darah," kata Steinbaum.

3. Egg Nog
Secangkir egg nog (minuman manis dari kuning telur yang dikocok ditambah air dan gula atau susu) hangat juga dapat menjadi minuman yang tepat di musim hujan seperti sekarang. Kombinasikan susu bebas lemak bersama dengan sedikit gula dan beberapa telur pasteurisasi, dan biarkan mendidih selama sekitar 10 menit dan tambahkan ekstrak vanili pada akhir proses memasak. Sajikan dalam cangkir dan taburi dengan bubuk pala. Selain hangat, minuman ini juga baik untuk jantung.


4. Jahe panas
Minuman jahe panas bukan hanya terkenal di Indonesia. Di negara barat, minuman ini juga jadi favorit di musim dingin. Cara membuat mudah, iris jahe segar dan rebus dalam air panas selama sekitar 5 menit, setelah itu saring jahe dan tambahkan gula merah atau madu.

Anda juga bisa menambahkan sedikit air jeruk, jika Anda suka. Steinbaum mengungkapkan, jahe merupakan bahan alami yang menyehatkan jantung dan bisa menenangkan perut.

5. Teh jahe dengan kayu manis
Hampir sama minuman jahe, teh jahe yang disuguhkan dengan beberapa batang kayu manis ini adalah penghangat tubuh yang bisa dikonsumsi pagi dan malam.

6. Milk Punch
Biasanya minuman ini disukai anak-anak karena rasanya yang manis dan beraroma vanilla. Cara membuatnya juga cukup mudah. Rebus susu bebas lemak atau susu almond atau susu kedelai kemudian tambahkan ekstrak vanili dan tambahkan bubuk pala.

7. Jus delima dengan rempah
Minuman ini juga menjadi favorit orang Barat di musim dingin. Campuran sari apel, cranberry, dan jus delima ini dicampur dengan teh chamomile. Sebagai pemanis, minuman ini juga bisa ditambahkan madu dan beberapa tetes lemon segar.

Pesan Anda