Manfaat Kulit Manggis

   
    


 Senyawa xamthone atau senyawa anti-kanker dalam buah manggis bermanfaat untuk membantu memperlambat proses tumbuhnya sel-sel kanker tersebut, seperti kanker usus besar dan kanker hati. Kandungan xanthone dalam buah manggis juga mampu untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab leukemia.

    Mengobati sariawan
    Buah manggis mengandung vitamin C yang dapat membantu menyembuhkan sariawan. Siapkan 2 kulit buah manggis yang sebelumnya sudah dicuci bersih dan dipotong-potong. Kemudian rebus kulit manggis tersebut dengan 3 gelas air sampai ukuran berkurang 50%. Setelah dingin, lali saring hasil rebusan tadi dan gunakan untuk berkumur.

    Mengatasi diare
    Dengan menggunakan hasil rebusan daun manggis dan kulitnya, dapat bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti : mengatasi diare, menurunkan suhu saat demam, mengobati sariawan, disentri, hingga gangguan pada saluran kencing.

    Memperbaiki elastisitas sel tubuh
    Kandungan antioksidan yang terdapat dalam kulit manggis dapat membantu untuk meningkatkan regenerasi sel-sel. Dengan meningkatkan regenerasi sel-sel, maka pada akhirnya dapat memperlambat proses penuaan. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam kulit manggis sangat tinggi yaitu 66,7 kali wortel serta 8,3 kali kulit jeruk. Sebagai antioksidan yang tinggi, xanthone memiliki gugus hidroksida yang mampu mengikat berbagai serangan radikal bebas yang merupakan penyebab rusaknya sel tubuh.

    Menurunkan berat badan
    Antioksidan pada kulit manddi tersebut dapat bermanfaat untuk membantu dalam penurunan berat badan dengan cara menyeimbangkan kadar kortisol. Kortisol merupakan hormon yang berfungsi untuk menstimulasi penumpukan lemak dalam tubuh.

    Menjaga kesehatan otak
    Kandunga antioksidan yang ada pada kulit buah manggis juga membantu untuk mencegah penurunan fungsi otak serta dapat mencegah berbagai penyakit seperti demensia atau alzheimer. Kulit buah manggis juga mampu mencegah terjadinya faktor kerusakan pada sistem syaraf yang menyebabkan penyakit parkinson. Karena kandungan flavonoid dalam kulit manggis juga dapat menghentikan kerusakan ringan pada memori otak.

    Mengatasi stres
    Pada saat stres, maka tubuh akan banyak memproduksi hormon kortisol secara berlebihan. Zat xanthone dalam kulit manggis bekerja untuk dapat menyeimbangkan kadar hormon kortisol sehingga tubuh dapat menurunkan tingkat depresinya serta dapat meningkatkan mood.

    Meremajakan kulit
    Manfaat kulit manggis dalam masalah kecantikan dapat membuat menjadi lebih awet muda. Kandungan antioksidan yang tinggi mampu untuk mencegah penuaan dini dan dapat meregenerasi sel kulit.

    Mencegah penyakit jantung
    Buah manggis mengandung sejumlah mineral seperti mangan, tembaga, kalium, serta magnesium. Kalium merupakan salah satu komponen yang penting dari sel dan cairan tubuh untuk dapat membantu mengontrol detak jantung serta mengontrol tekanan darah. Nuah manggis dapat mencegah stroke dan jantung koroner.

    Mencegah batu ginjal
    Dengan mengkonsumsi ekstrak kulit manggis pada kadar jumlah tertentu secara rutin setiap hari dapat membuat tubuh untuk mengeluarkan air seni lebih sering sehingga pada akhirnya dapat terhindar dari infeksi saluran kemih dan penyakit batu ginjal.

    Menjaga kesehatan pencernaan
    Kandungan antioksidan pada kulit manggis dapat bermanfaat untuk membantu melindungi serta menurunkan kandungan asam tinggi pada lambung. Zat antimikroba yang terdapat dalam kulit manggis mampu untuk memerangi bakteri, parasit, serta jamur dalam perut. Zat antimikroba dapat bekerja mengatasi iritasi yang terjadi pada usus besar dan usus kecil yang dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi pencernaan dan serta diare.

    Dapat membantu menyeimbangkan sistem kelenjar endokrin
    Kulit manggis memiliki senyawa bernama Xanthone yang dapat berfungsi untuk menyeimbangkan sistem kelenjar endokrin. Dengan menyeimbangkan sistem kelenjar endokrin, maka dapat menimbulkan keseimbangan baik dari semua hormon serta neurokimia yang diproduksi oleh endokrin. Xanthone dapat mengeluarkan racun dari hati, mempercepat penyembuhan luka, dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment

Pesan Anda