Herbal Infused Water

Istilah infused water sudah menjadi trend saat ini. Banyak orang mencoba kesegaran minuman ini sekaligus merasakan manfaatnya. Salah satunya untuk kesehatan kulit wajah. Anda yang ingin merawat kulit wajah, wajib mengonsumsi infused water ini.

Infuse water sendiri berasal dari kata “infuse” yang berarti memasukkan dan “water” yang berarti air. Jadi, infused water merupakan pemberian rasa dan warna secara alami ke dalam air putih, dengan merendam buah, sayur, herbal atau rempah-rempah. Infused water ini adalah salah satu alternatif bagi Anda yang malas mengonsumsi air putih.

Minum infused water tidak jauh berbeda dengan minum air. Perbedaannya hanya hanya pada aroma, rasa, dan nutrisi alami bahan-bahan rendamannya. Tidak seperti jus, infused water lebih rendah kalori dan gula sehingga cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

 
Kebiasaan mengonsumsi infused water ini awalnya dipopulerkan blogger asal Oregon, Amerika Serikat, bernama Amy Pogue. Dia terinspirasi dari sang ibu. Resep infused water yang paling umum ialah dengan menambahkan potongan lemon. Seperti diketahui, lemon mengandung vitamin C yang ampuh meningkatkan daya tahan tubuh. 


Herbal infused water adalah merendam bahan herbal, seperti cengkeh, kayu manis, daun mint, jahe, rosemarry, daun thyme, dll untuk mendapat manfaat kesehatan dari sari herbal.

Manfaat Infused Water

Infused water, menawarkan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh Anda (berdasarkan bahan yang Anda rendam), antara lain:
  • Strawberry dan kiwi dapat menjaga kesehatan jantung, memperkuat sistem imun, menurunkan gula darah, dan memperlancar pencernaan.
  • Teh hijau, daun mint, dan jeruk nipis bermanfaat membakar lemak, memperlancar pencernaan, meredakan sakit kepala, mengatasi sembelit, dan menyegarkan napas.
  • Mentimun, jeruk nipis, dan lemon dapat mengendalikan nafsu makan, memperlancar pencernaan, dan mencegah kembung.
  • Lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan polifenol, sehingga dapat menjaga keseimbangan pH tubuh, memperkuat sistem imun, mengurangi risiko kanker, menjaga kesehatan ginjal, dan mencegah influenza.
  • Lemon dan jahe dapat menjaga tekstur kulit dan membersihkan liver.
Bahan Rendaman Infused Water

Anda bisa bereksperimen dengan beragam bahan berikut untuk membuat infused water:

Buah sitrus: grapefruit, lemon, jeruk nipis, jeruk manis, atau tangerine
Buah berry: strawberry, raspberry, blueberry, blackberry, atau cherry
Buah melon: melon, melon jingga, atau semangka
Buah tropis: pir, delima, mangga, nanas, kiwi, belimbing, apel, anggur, plum, atau peach
Sayuran: mentimun, wortel, seledri, atau paprika
Daun Herbal: mint, sage, rosemary, basil, thyme, stevia, atau lavender
Rempah: jahe, kayu manis, atau lada

Pilih bahan-bahan yang Anda sukai. Sesekali pilih juga bahan yang belum pernah Anda coba untuk variasi.

Resep Klasik Infused Water

Bahan: lemon, mentimun, daun basil, dan daun mint
Caranya: Campur 10 cangkir air matang dengan 1 buah mentimun dan 1 buah lemon yang telah dikupas dan diiris tipis. Bubuhkan 1/4 cangkir daun basil dan 1/3 cangkir daun mint yang telah dirajang. Simpan dalam kulkas semalaman, nikmati pada pagi hari.

Bahan: strawberry atau raspberry, jeruk nipis, dan daun mint
Caranya: Campur 10 cangkir air matang dengan 6 buah strawberry atau raspberry, 1 buah jeruk nipis yang telah dikupas dan diiris tipis, dan 12 lembar daun mint yang telah dirajang. Simpan dalam kulkas semalaman, nikmati pada pagi hari.

Bahan: blackberry dan sage
Caranya: Campur 10 cangkir air matang dengan 1 cangkir blackberry yang telah dihancurkan kasar dan 3-4 lembar sage. Simpan dalam kulkas semalaman, nikmati pada pagi hari.

Bahan: semangka dan rosemary
Caranya: Campur 10 cangkir air matang dengan 1 cangkir potongan semangka dan 2 batang rosemary. Simpan dalam kulkas semalaman, nikmati pada pagi hari.

Bahan: nanas dan daun mint
Caranya: Campur 10 cangkir air matang dengan 1 cangkir potongan nanas dan 12 lembar daun mint yang telah dirajang. Simpan dalam kulkas semalaman, nikmati pada pagi hari.

Bahan: apel, kayu manis, dan kayu manis bubuk
Caranya: Campur 10 cangkir air matang dengan 1 cangkir potongan apel, 2 batang kayu manis, dan 2 sdt kayu manis bubuk. Simpan dalam kulkas semalaman, nikmati pada pagi hari.

Bahan: jahe dan teh hijau
Caranya: Bubuhkan 1 sdt bubuk jahe ke dalam 2 cangkir seduhan teh hijau. Biarkan mendingin. Campur 10 cangkir air matang dengan seduhan teh jahe dan 4-5 jahe yang telah diiris-iris. Simpan dalam kulkas semalaman, nikmati pada pagi hari.

Selain buah dan herbal yang disebutkan di atas, bisa juga menggabungkan aneka buah dan herbal lainnya. Beberapa buah dan herbal yang cocok menjadi campuran infused water adalah lemon, jeruk manis, apel, nanas, belimbing, mentimun, kiwi. Selain buah-buahan juga bisa herbal, misalnya daun mint, rosemarry, daun thyme. Tidak semua buah bisa digunakan sebagai infused water. Jangan gunakan buah dengan tekstur lembek dan mudah hancur. Pisang, pepaya, durian, alpukat kurang cocok dijadikan infused water

Selain membuat infused water dengan merendam buah, sayur, herbal atau rempah-rempah ke dalam air, kita juga bisa membuat infused ice cube water, yaitu membuat balok kecil es yang berisi  buah, sayur, herbal atau rempah-rempah dan membekukannya. Saat ingin mengkonsumsi, tinggal memasukkannya ke gelas. Lebih praktis.


Waktu Penyimpanan 

Minuman infused water bisa disimpan sampai seminggu lamanya dengan kondisi rapat dalam kulkas. Namun hendaknya untuk mempertahankan rasa dan keamanan bagi tubuh. Paling lama infused water boleh ditempatkan dalam kulkas hanya 3 hari saja. Hal tersebut bisa menghindarkan irisan buah di dalamnya tak menjadi lunak dan remuk.

Yuk dicoba air sehat dengan Infused Water

Pesan Anda